iGracias Akademik

igracias

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TERKAIT BERITA ACARA PERKULIAHAN (BAP)

1. Berapa lama batas waktu pengisian Berita Acara Perkuliahan (BAP)?
Jawab : Pengisian BAP dapat dilakukan maksimal 1 minggu setelah tanggal perkuliahan.

2. Kepada siapa saya menghubungi jika ingin mengisi atau mengubah BAP setelah melebihi batas waktu input BAP?
Jawab : Silakan menghubungi LAAK atau Admin Presensi di Fakultas untuk meminta perpanjangan masa pengisian BAP.

3. Saya sudah tap kartu RFID, mengapa BAP tidak tampil di daftar?
Jawab : Pastikan tap pada jadwal dan ruang perkuliahan yang sesuai. Silakan cek kembali setelah 5 menit dari waktu tapping RFID. Jika BAP masih belum ada, silakan cetak BAP melalui menu cetak daftar hadir.

4. Saya tidak membawa kartu RFID saat perkuliahan, bagaimana agar saya bisa mengisi BAP?
Jawab : Silakan buat BAP melalui menu Presensi à Cetak Daftar Hadir. Pilih tanggal perkuliahan dan klik tombol “Tampilkan”. Pada jadwal yang tampil ditabel, klik checkbox jadwal matakuliah dan kemudian klik tombol “Cetak Daftar Hadir”. Tab form daftar hadir yang muncul dapat dicetak atau langsung ditutup. BAP yang sudah dibuat dapat dilihat di menu Presensi à Berita Acara Perkuliahan.

5. Bagaimana jika nama dosen tim yang mengajar tidak ada pada pilihan daftar dosen kelas?
Jawab : Silakan menghubungi ketua program studi untuk informasi tim dosen mengajar yang diinput untuk kelas matakuliah.

6. Bagaimana jika dosen digantikan oleh asisten pada perkuliahan?
Jawab : Silakan pilih “Asisten” pada field Dosen yang hadir, kemudian ketikan kode asisten atau nama asisten pada field dan pilih kode asisten dari daftar asisten dosen yang muncul. Apabila asisten dosen tidak ada pada daftar silakan hubungi LAAK untuk input data asisten dosen.

7. Bagaimana jika dosen digantikan oleh dosen lain dan bukan dosen tim matakuliah?
Jawab : Silakan pilih “Dosen Lainnya” pada field Dosen yang hadir, kemudian ketikan kode dosen  atau nama dosen pada field dan pilih kode dosen dari daftar dosen yang muncul.

8. Bagaimana jika tidak ada silabus yang dapat dipilih oleh dosen?
Jawab : Silakan menghubungi ketua program studi untuk menanyakan ketersediaan silabus matakuliah.

9. Kenapa tipe perkuliahan “Responsi” tidak dapat diubah saat mengisi BAP?
Jawab : Tipe perkuliahan default terpilih “Responsi” karena pada field dosen yang hadir dipilih “Asisten” atau jumlah jam perkuliahan dengan tipe “Perkuliahan” sudah melebihi target jam perkuliahan. Informasi target total jam perkuliahan untuk kelas matakuliahn dapat ditanyakan ke ketua program studi.

10. Kenapa nama mahasiswa tidak ada di daftar hadir?
Jawab : Mahasiswa yang belum cetak KSM maka nama mahasiswa tersebut tidak akan ada dalam daftar hadir. Bagi mahasiswa yang melakukan PRS, nama mahasiswa tidak tampil pada BAP sebelum tanggal PRS.

11. Bagaimana jika saya mau menghapus BAP?
Jawab : BAP yang dibuat melalui menu Presensi –> Cetak Daftar Hadir dapat dihapus oleh LAAK. Silakan menghubungi LAAK untuk meminta penghapusan BAP. Untuk penghapusan BAP yang dibuat melalui proses tapping kartu RFID, silakan input permintaan hapus  ke heldesk Sisfo melalui menu Ticketing –> Input Ticket

12. Apakah Responsi mempengaruhi presentase kehadiran dosen dan mahasiswa?
Jawab : Ya, Responsi disertakan pada perhitungan presentase kehadiran dosen dan mahasiswa.

TERKAIT REGISTRASI

1. Bagaimana jika saya belum mengerti tentang aturan dan panduan registrasi?
Jawab: Silakan lihat pada dashboard iGracias atau lihat pada official web BAA Telkom University http://baa.telkomuniversity.ac.id

2. Bagaimana urutan registrasi yang harus dilalui mahasiswa?
Jawab:
Berikut adalah alur singkat proses registrasi :

  • Mahasiswa dalam masa studi normal (paket): Melakukan pembayaran BPP – pengecekan status pembayaran di iGracias – melakukan registrasi (memilih mata kuliah dan kelas yang akan diambil) – mahasiswa memilih “siap ACC’ – dosen wali melakukan ACC registrasi – mahasiswa melakukan cetak KSM (mengindikasikan registrasi telah selesai) – mahasiswa melakukan PRS (jika dibutuhkan, dimana jumlah SKS mata kuliah hanya dapat dibatalkan/drop).
  • Mahasiswa di luar masa studi normal (non-paket): Melakukan registrasi (memilih mata kuliah kelas yang akan diambil) – mahasiswa memilih “siap ACC’ – dosen wali melakukan ACC registrasi – melakukan pembayaran BPP sesuai dengan SKS yang diambil – mahasiswa melakukan cetak KSM (mengindikasikan registrasi telah selesai) – mahasiswa melakukan PRS (jika dibutuhkan, dimana jumlah SKS mata kuliah hanya dapat dibatalkan/drop.

 

3. Apakah akan mempengaruhi proses registrasi jika saya belum mencetak KSM?
Jawab: Ya, proses registrasi akan dinyatakan belum selesai. Karena mencetak KSM merupakan serangakaian proses registrasi yaitu menjadi akhir proses registrasi.

4. Apakah keterlambatan mencetak KSM menyebabkan denda?
Jawab: Ya, di luar batas periode registrasi yang telah ditetapkan akan dikenakan denda. Silakan segera melakukan cetak KSM, karena cetak KSM adalah rangkaian terakhir proses registrasi, jika sudah mencetak KSM proses registrasi dinyatakan sudah selesai. Harap diperhatikan batas periode registrasi.

5. Bagaimana saya dapat mencetak KSM namun sudah di luar periode registrasi?
Jawab: Silakan menghubungi LAAK agar akses registrasi dibuka kembali, sehingga dapat mencetak KSM. Harap diperhatikan denda keterlambatan yang berlaku.

6. Kepada siapa saya harus menghubungi jika ingin melakukan reset registrasi?
Jawab: Selama masih dalam periode registrasi, silahkan menghubungi dosen wali. Sedangkan di luar jadawal registrasi yang telah ditentukan, harap menghubungi LAAK.

7. Kepada siapa saya harus menghubungi jika kuota kelas mata kuliah telah habis, atau ingin kuota mata kuliah tertentu ditambahkan?
Jawab: Berkaitan dengan kelas mata kuliah, silakan menghubungi Kaprodi masing-masing. Jika mata kuliah tingkat dasar, silakan menghubungi PPDU, karena penawaraan mata kuliah berserta kuotanya dilakukan oleh Kaprodi/KaPPDU.

8. Kenapa saya tidak dapat mengambil mata kuliah padahal saya sudah mengambil mata kuliah prasyarat?
Jawab: Pastikan bahwa kode mata kuliah yang sudah diambil itu adalah kode mata kuliah di kurikulum yang digunakan di prodi, jika bukan atau kode mata kuliah kurikulum lama, pastikan prodi sudah membuat ekivalensi mata kuliah yang diambil ke kode di kurikulum yang digunakan pada registrasi 15/16 genap. Informasi mengenai kurikulum dan ekivalensi kurikulum bisa menghubungi Kaprodi.

9. Kepada siapa saya harus menghubungi jika jadwal mata kuliah saya bentrok?
Jawab: Silakan konsultasikan dengan Kaprodi/KaPPDU untuk permasalahan jadwal bentrok tersebut.

10. Kenapa ketika saya mengambil mata kuliah pada preview jadwal tidak muncul jadwal mata kuliah tersebut?
Jawab: Jadwal mata kuliah yang belum muncul, silakan ditanyakan ke bagian LAAK.


Copyright - 2013 Telkom University